Wow, Kini di Samsat Jaksel Tersedia Fasilitas Layanan Berbasis Teknologi AR

Headline, InfoTeknologi 0

Jakarta, Otoritasnews.com – Kini di Samsat Jakarta selatan (Jaksel) sudah ada fasilitas layanan berbasis AR sebagai media sosialisasi video singkat informasi pelayanan dan pesan keselamatan berlalu lintas yang lebih mudah, modern dan menarik.

Masyarakat cukup download aplikasi “ARIS PMJ” di Play Store lalu scanning ponsel di logo AR Samsat Jakarta Selatan yang telah dijadikan marker oleh system dan secara otomatis akan tampil video di layar ponsel tanpa harus menyimpan file video di storage ponsel.

Berbeda dengan Youtube yang harus mengetik dan mencari judul video yang akan kita tuju. Tampak fasilitas marker AR sudah terpasang di Samsat Jakarta Selatan salah satunya di Pojok Baca dan dinding area publik ruang tunggu untuk dinikmati para wajib pajak yang sedang mengurus administrasi kendaraan bemotor.

Untuk diketahui, Augmanted Reality atau yang disingkat AR memiliki nama lain Realitas tertambah merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. AR sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Saat ini AR telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat telepon genggam.
Augmented reality (AR) membutuhkan sebuah pendeteksian marker atau titik baca. Sistem perlu tahu dimana penggunanya dan apa yang pengguna cari.

Menurut Pamin TU Samsat Jakarta Selatan, Ipda Hari Santoso mengatakan alasan pihaknya menggunakan teknologi AR adalah untuk mensosialisasikan berbagai video inovasi dan informasi pelayanan di Samsat Jakarta Selatan serta video pesan keselamatan lalu lintas kepada masyarakat atau wajib pajak.

“Di Samsat Jakarta Selatan memanfatkan teknologi AR ini dinilai efektif karena ada informasi yang akan disampaikan melalui video informasi yang dilengkapi fasilitas AR tersebut” kata Ipda Hari Santoso kepada Tribratanews.id di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Untuk dapat menikmati tontonan melalui teknologi AR Samsat Jakarta Selatan, caranya begini :

1. Download aplikasi “ARIS PMJ” di google playstore,

2. Buka aplikasi “ARIS PMJ” yang telah terinstal di ponsel anda,

3. Dekatkan ponsel anda pada logo / gambar pilihan pada media yang telah disediakan,

4. Secara otomatis movie akan muncul di layar ponsel anda.

“Caranya gampang, yang pastinya menarik. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat,” tuturnya. (Yori)

 

Tags:

Leave a Reply