Upacara Hari Kesadaran Nasional, Waka Polres Jakut Berbicara Tentang Kesiapan Pengamanan Pemilu

Nasional 0

 

Otoritasnews – Wakil Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara, AKBP Adi Vivid AB, SIK, MH, MSM mengajak seluruh anggotanya untuk menyiapkan diri terkait sejumlah pengamanan kegiatan nasional yakni pelaksanaan pemilu 2019 yang tidak lama lagi akan digelar.

Hal tersebut disampaikan Waka Polres saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, pada Senin (18-03-2019).

“Upacara bendera yang kita laksanakan setiap bulan ini, memiliki makna yang sangat penting, selain sebagai sarana untuk memupuk kesadaran dan loyalitas kita kepada Bangsa dan Negara, juga untuk memupuk jiwa disiplin bagi seluruh anggota Polri maupun PNS,” sambungnya.

“Selain itu, upacara ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan analisa dan evaluasi terhadap situasi kamtibmas selama satu bulan yang telah kita lewati maupun rencana kegiatan yang akan kita hadapi,” ujar Waka Polres Jakut.

Dalam kesempatan itu, Waka Polres yang membacakan amanat Kapolda Metrp Jaya menyampaikan ucapan terimakasih Kapolda Metro Jaya kepada seluruh personil jajaran Polda Metro Jaya atas pelaksanaan tugas pengamanan seluruh kegiatan masyarakat di Ibukota DKI Jakarta.

Salah satunya unjuk rasa yang melibatkan berbagai elemen masyarakat yang alhamdulillah kegiatan pengamanan tersebut secara umum dapat dikelola dengan baik, berjalan dengan lancar dan sukses tanpa menimbulkan gangguan kamtibmas yang berarti.

“Kedepan, kita harus mengantisipasi kegiatan masyarakat lainnya, jangan Under Estimate, kita harus mempersiapkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang kita miliki, sehingga siap untuk dipergunakannya. Dalam waktu dekat, bangsa kita akan merayakan pesta demokrasi yaitu pemilu baik legislatif maupun presiden dalam waktu bersamaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” ucapnya.

Dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 lanjut Waka Polres, harus terlaksana dengan aman, damai dan sukses, oleh karena itu, untuk memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat serta dalam rangka mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas, agar mengedepankan fungsi Pre-Emtif dan Preventif melalui tugas Intelijen serta Bhabinkamtibmas untuk melakukan deteksi dini, cegah dini dan deteksi aksi.

Kemudian melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan penggelaran kekuatan secara tepat pada titik rawan kriminalitas dan kemacetan, patroli skala besar dan giat razia selektif dengan sasaran senpi, handak, sajam, narkoba, miras dan petasan melalui koordinasi dan kerjasama yang efektif dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat.

“Sehingga potensi timbulnya kerawanan-kerawanan dapat diantisipasi sedini mungkin serta fungsi Humas mampublikasikan kegiatan yang bersifat Humanis dan keberhasilan tugas-tugas yang dilaksanakan Polri serta mampu menampung kritik, saran dan masukan dari masyarakat maupun lembaga eksternal lainnya,hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan citra Polri di ruang publik,” lanjut Waka Polres.

Dalam kesempatan ini, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, untuk dapat dipedomani oleh seluruh anggota Polda Metro Jaya, yaitu :

1. Awali setiap pelaksanaan tugas dengan berdoa, sehingga setiap langkah kita selalu mendapat ridho dari Allah SWT

2. Selalu waspada dan pro aktif melakukan pencegahan, karena kejadian menonjol yang terjadi di Ibukota DKI Jakarta akan berimplikasi dan berimbas pada stabilitas keamanan dan ketertiban Nasional

3. Tingkatkan terobosan-terobosan kreatif dan lakukan langkah pro aktif dalam upaya memelihara kamtibmas

4. Tingkatkan sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat yang da, sehingga dapat memperkokoh hubungan baik dan akan meningkatkan stabilitas keamanan yang kondusif di wilayah hukum Polda Metro Jaya

5. Tingkatkan upaya cipta kondisi dalam rangka Harkamtibmas dengan mendayagunakan Potensi masyarakat

6. Laksanakan penegakan hukum secara profesional, proporsional dan prosedural sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, saya berharap kepada seluruh personil Polda Metro Jaya untuk tetap mempertahankan dedikasi dan loyalitas, dengan keikhlasan, agar situasi kamtibmas yang kondusif dapat tetap terpelihara,” tutup Waka Polres.

0

Tags:

Leave a Reply