TKA asal Tiongkok Nyaris Diamuk massa di Kabupaten Konawe


KENDARI, otoritasnews.com – Salah seorang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Thiongkok yang bekerja di PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, nyaris diamuk massa, Jumat 31 Mei 2019.

Kemarahan para pekerja lokal terhadap TKA tersebut terekam dalam video amatir berdurasi 3 menit 32 detik, yang tersebar di salah satu group WhatsApp atau WAG. Nampak puluhan pekerja meneriakan kemarahan mereka atas sikap TKA Thiongkok tersebut, yang memerintah salah seorang pekerja lokal menggunakan kaki.

Untung saja, pihak kepolisian dan keamanan PT. VDNI sigap melakukan pengamanan terhadap TKA tersebut, sehingga dapat terhindarkan dari amukan masa.

“Makanya, jangan menyuruh pakai kaki, bukan biatang kita,” teriak seseorang dalam video singkat tersebut.

Sementara itu, Deputi Site Manager PT VDNI, Rusmin Abdul Gani mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah menyelesaikan kisruh tersebut. Kedua bela pihak sudah didamaikan hari itu juga.

“Ini masalah komunikasi yang tidak nyambung,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Minggu 2 Juni 2019.

Olehnya itu, kata dia, pihaknya telah memikirkan beberapa kebijakan yang akan diterapkan kedepannya. Seperti menambah lagi juru bicara (translator) yang baik kapasitasnya maupun kuantitasnya.

Kemudian, lanjutnya, management PT. VDNI juga akan melakukan program seperti memberikan pemahaman terhadap TKA, terkait adat istiadat dan tata krama yang berlaku di bumi anoa.

“Agar kejadian-kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” jelas Rusmin Abdul Gani.

(RS)

Tags:

Tinggalkan Balasan