Samsat Jaksel Bentangkan Backdrop Canggih, Masyarakat Takjub

Headline, InfoTeknologi 0

Jakarta, Otoritasnews.com – Masyarakat atau wajib pajak yang bertandang ke kantor pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Selatan dibuat takjub dan geleng-geleng kepala.

Pasalnya, di pintu keluar gedung Samsat Jakarta Selatan terbentang Backdrop canggih berbasis teknologi AR yang berisikan video pelayanan dan keselamatan, dengan teknologi canggih.

Masyarakat atau wajib pajak cukup download aplikasi “ARIS PMJ” di Play Store lalu scanning ponsel di logo AR Samsat Jakarta Selatan yang telah dijadikan marker oleh system dan secara otomatis akan tampil video di layar ponsel tanpa harus menyimpan file video di storage ponsel kita.

Selain backdrop, fasilitas marker AR juga sudah terpasang di Pojok Baca dan dinding area publik untuk dinikmati para wajib pajak yang sedang mengurus administrasi kendaraan bemotor.

Pamin TU Samsat Jakarta Selatan, Ipda Hari Santoso mengatakan jika
Pemanfaatan teknologi AR tersebut adalah untuk mensosialisasikan berbagai video inovasi dan informasi pelayanan Samsat Jakarta Selatan serta video pesan keselamatan lalu lintas kepada masyarakat atau wajib pajak.

“Ini bagian dari sosialisasi kami kepada masyarakat atau wajib pajak. Dan bukti komitmen kami untuk turut serta dan peduli dalam mendukung program Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) yang digadang-gadangkan oleh Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian,” jelas Ipda Hari Santoso di Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Augmented Reality atau biasa disebut AR ini adalah salah satu istilah suatu penemuan teknologi baru dengan cara menggabungkan antara dunia virtual dengan dunia nyata sehingga keduanya tidak memiliki batas yang begitu berjarak.

Untuk dapat menikmati tontonan melalui teknologi AR Samsat Jakarta Selatan, caranya begini :

1. Download aplikasi “ARIS PMJ” di google playstore,

2. Buka aplikasi “ARIS PMJ” yang telah terinstal di ponsel anda,

3. Dekatkan ponsel anda pada logo / gambar pilihan pada media yang telah disediakan,

4. Secara otomatis movie akan muncul di layar ponsel anda

“Caranya juga mudah, Selamat mencoba,” tutupnya.

Kekaguman warga tergambar dari wajah salah seorang wajib pajak bernama Joko, warga Tebet mengaku kagum dengan inovasi ini. Selain menarik sistem pentautannya pun dinilai gampang.

“Keren dan canggih, caranya juga gak ribet-ribet amat kok,” ujar Joko. (Yori)

Tags:

Leave a Reply