banner 468x60

Ribuan Reklame di Kota Bandung Bermasalah

Berita, Bisnis&Usaha, Regional 0
banner 468x60

Otoritasnews.com, Jabar – Target pajak reklame tahun 2017 tidak akan tercapai karena sampai bulan ke September, baru tercapai Rp19 miliar, sedangkan target yang harus dicapai sebesar Rp241 miliar.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung, Ema Sumarna saat sosialisasi pajak daerah di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (10/09).

“Reklame di Kota Bandung itu ribuan, tapi banyak yang ilegal. Kami tidak bisa menerima pajak, karena kaitannya kan dengan perizinan, sehingga sulit tercapai,” ujar Ema.

Menurut Ema, pemasalahan pajak sudah disampaikan pada rapat pimpinan.

Selain itu, pihaknya sudah mendorong dinas perizinan supaya memproses reklame yang tidak berizin termasuk Dinas Tata Ruang agar segera merealisasikan Peraturan Walikota.

“Reklame ilegal harus ditindak tegas dibongkar Satpol PP, jika dibiarkan menjadi preseden tidak baik, seperti tidak ada pemerintah. Memasang reklame tanpa izin dan tidak bayar pajak ,” ujar Ema.

Ema minta kepada pengusaha jangan hanya memikirkan bisnis saja, tapi ikuti prosedur, karena pajak untuk membangun sekolah dan puskesmas.

Ema mengatakan, seluruh target pajak tahun 2017 sebesar Rp2,4 triliun, antara lain pajak PBB baru mencapai Rp285 miliar dari target Rp 578 miliar. Namun target PBB bisa dibilang optimis tercapai karena bulan September, biasanya masyarakat membayar saat jatuh tempo.

Sementara pajak dari hotel mencapai Rp300 miliar, pajak restoran diyakini naik dari Rp255 miliar menjadi Rp265 miliar. Kenaikan pun akan didapat dari sektor parkir dari Rp32,5 miliar menjadi Rp37,5 miliar.

Sedangkan pajak hiburan bisa memcapai Rp85 miliar. Pajak penerangan jalan Rp180 miliar optimis tercapai, bahkan bisa mencapai Rp 185 miliar. Pajak terbesar BPHTB sebesar Rp340 miliar.(Cepy)

Tags:
banner 468x60

Leave a Reply