PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk Tanam 720 Pohon dan Bunga di Desa Krikilan

GRESIK,otoritasnews.com- PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk turut ambil bagian dalam menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan hijau, untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim dan problem lingkungan.

Melalui program corporate social responsibility (CSR), PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk yang beralamat di Jalan Raya Krikilan KM 28, Kabupaten Gresik, menanam dan membagikan 720 batang pohon dan bunga beserta pot-nya kepada masyarakat Dusun Larangan, Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, pada Sabtu pagi, 8 Desember 2018.

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 28 November setiap tahunnya sekaligus Bulan Menanam Nasional (BMN) yang diperingati setiap Desember.

Kegiatan tahun ini bertema “Menuju Kampung Hijau Sehat dan Berseri, Hijaukan Kembali untuk Masa Depan Bumi Kita”. Agenda kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan, kemudian penyerahan pohon secara simbolis yang diwakili manajemen PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk kepada Kepala Desa (Kades) Krikilan, Supri di depan Balai Desa Krikilan.

Setelah itu, dilakukan pembersihan lingkungan, pengecatan jalan, dekorasi lingkungan, penanaman pohon dan bunga di lingkungan Dusun Larangan, Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.

Selain warga dan karyawan PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk, turut serta dalam kegiatan ini antara lain anggota Polsek Driyorejo, Kodim 0817 Gresik, Karangtaruna, Ibu PKK, FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia), serta pegiat lingkungan.

Tri Indiyanto atau akrab disapa Indi mewakili PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk menerangkan, kegiatan ini merupakan salah satu program CSR PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk yang memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Desa Krikilan dan menjaga lingkungan sekitarnya tetap hijau berseri dan lebih sehat.

Adapun pohon dan bunga yang ditanam meliputi pohon produktif seperti pohon jeruk lemon, kelapa, tree colour, hingga aneka jenis bunga yang ditanam ke dalam pot untuk menambah estetika lingkungan.

“Gerakan menanam pohon dan bunga ini juga merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global dan mencegah kerusakan lingkungan yang berdampak pada penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan. Selain itu juga dapat mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas CO2 dan polutan lainnya, mencegah banjir, kekeringan,” jelas Indi.

Selain program CSR bidang lingkungan, Indi juga menyebutkan bahwa PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk menyalurkan tanggungjawab sosialnya untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Krikilan melalui bantuan kolam dan bibit ikan. Dengan bantuan itu, warga bisa budidaya ikan.

“Mereka yang dapat bantuan budidaya ikan ini merupakan kelompok UMKM binaan PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk. Ikan hasil budidaya itu bisa dijual oleh mereka sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya,” ungkap Indi.

Program lain dari CSR PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk yang disebutkan Indi ialah daur ulang sampah dan komposting.

Komposting adalah program untuk mengajak masyarakat mengelola sampah organik menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk alami bagi rumah tangga.

“Semua ini adalah bentuk tanggungjawab sosial PT Garuda Food melalui program CSR yang disalurkan di sekitar pabrik,” pungkas Indi.

Tokoh masyarakat Desa Krikilan, Suparmin atau akrab disapa Pak Rasid mengungkapkan terima kasihnya kepada PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk, yang banyak memberikan kontribusinya terhadap lingkungan agar tetap lestari serta peningkatan taraf hidup warga Desa Krikilan khususnya Dusun Larangan.

“Adanya program penanaman pohon dan bunga serta pelatihan daur ulang dan budidaya ikan yang diselenggarakan melalui program CSR PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk sangat membantu warga Desa Krikilan. Warga banyak menerima manfaatnya, baik dari sisi lingkungan maupun perekonomian,” ungkap Pak Rasid.

Menurut Pak Rasis, program CSR PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk ini tidak hanya kali ini saja. Sebelumnya, PT Garuda Food juga melaksanakan kegiatan sunatan massal gratis di Dusun Larangan, serta pada tahun 2017 lalu juga mengadakan acara serupa dengan penyerahan 300 pohon beserta tong sampah.

“Selain itu, banyak warga Desa Krikilan juga direkrut bekerja di PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk. Kami harap, kemitraan ini terus berlangsung dan dapat ditingkatkan sehingga menjadi contoh untuk perusahaan lain agar menyelenggarakan kegiatan yang sama,” ucap Pak Rasid. (*)

Tags:

Leave a Reply