Masa Berlaku SIM Habis Saat Pemilu, Polres Sambas Beri Dispensasi Hingga Tanggal 27 April

Headline, Nasional 0

Sambas, Otoritasnews.com – Warga Sambas terkhusus bagi pemilik surat izin mengemudi (SIM) untuk golongan A dan C yang masa berlakunya habis pada Rabu 17 April 2019 hingga Sabtu 20 April 2019 mendatang akan diberikan toleransi. Pemohon bisa melakukan perpanjangan masa aktif sampai Sabtu 27 April 2019.

Keputusan tersebut sesuai dengan surat perintah Kapolri Nomor ST/10SI/N/YAN./1./2019 tentang hari pemungutan suara pemilihan Umum.

Dalam surat tersebut menyebutkan bahwa seluruh pelayanan di Satpas SIM Polres Sambas libur pada tanggal 17,18,19 dan 20 April 2019.

“Berkena’an dengan kegiatan Pileg dan Pilpres, seluruh pelayanan diliburkan. S’bab anggota terserap dalam pengamanan kegiatan tersebut,” ujar Kasat Lantas Polres Sambas AKP Aditya Octorio Putra Sabtu (13/4/2019).

Aditya menjelaskan, pemilik bukti registrasi dan identifikasi yang masa aktifnya habis, bisa melakukan perpanjang sampai 27 April 2019. Apabila lewat dari tanggal itu, maka tidak bisa diperpanjang alias harus membuat baru dan wajib mengikuti mekanisme penerbitan SIM baru.

“Setelah melewati batas waktu perpanjangan tanggal 27 itu, maka pemohon SIM diwajibkan mengikuti prosedur penerbitan SIM Baru,” pungkasnya.

Toleransi tersebut berlaku di seluruh wilayah hukum Polda Kalimantan Barat.

“Keputusan ini berlaku untuk Satpas SIM seluruh jajaran Polres di Kalimantan Barat termasuk kami (Polres Sambas),” tuturnya. (Yori)

Tags:

Leave a Reply