Kasat Lantas Pastikan Layanan SIM Polres Metro Tangerang Kota Sesuai SOP

Nasional 0

Jakarta, Otoritasnews.com – Kepala Satuan Lalu lintas (Kasatlantas) Polres Metro Tangerang Kota AKBP Ojo Ruslani memastikan jajarannya melayani pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai prosedur atau standar operasional pelayanan (SOP) yang berlaku.

“Saya pastikan anggota di sini melayani sesuai prosedur dan SOP yang berlaku,” ujar AKBP Ojo Ruslani kepada wartawan, Rabu (23/1/2019).

Ojo juga menegaskan bahwa setiap pelayanan SIM di Mapolres Metro Tangerang Kota tak melayani pemohon SIM di luar jam kantor.

“Kami gak layani pemohon SIM pada jam subuh atau sore-sore,” tegas Ojo.

Di kesempatan yang sama Kanit Regident Polres Metro Tangerang Kota AKP Arry Setyo Utomo turut menegaskan bahwa pihaknya tak melayani pemohon SIM A dan C pada jam-jam subuh.

“Kami buka jam 08.00 WIB, jadi gak ada jam subuh. Kemungkinan pemohon yang datang lebih awal karena ingin mengelak antrian atau pemohon SIM yang ingin ikut ujian susulan,” jelas Arry.

Arry juga menambahkan jika biaya yang dibebankan kepada pemohon SIM sesuai dengan PNBP yang ditetapkan oleh pemerintah. Dimana untuk PNBP sim A baru Rp 120.000,-, kesehatan Rp 25.000,-, asuransi Rp 30.000,- total Rp 175.000,- dan PNBP SIM C baru Rp 100.000,-, kesehatan Rp 25.000,-, asuransi Rp 30.000,- total Rp 155.000,-.

“Kami tak pungut biaya tambahan,” tegasnya.

Berikut syarat dan mekanisme untuk pengajuan permohonan SIM A dan C baru :

– Peserta ujian foto KTP 5 lembar dan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter dan asuransi,

– Melampirkan bukti pembayaran PNBP SIM dan mengisi formulir,

– Kemudian lanjut ke loket pendaftaran identifikasi (foto, sidik jari dan tanda tangan) pemohon SIM

– Mengikuti ujian teori,

– Mengikuti ujian praktek,

– Pencetakan SIM dan siap diberikan kepada pemohon SIM.

Bagi pemohon SIM yang tidak lulus ujian teori maupun praktik maka diwajibkan datang untuk mengulang kembali tujuh hari (seminggu) kemudian.

Tags:

Tinggalkan Balasan