Ini Penyebab Utama Instagram Hapus Fitur GIF

InfoTeknologi 0
OTORITASNEWS.COM – Sering menggunakan fitur stiker GIF (gambar bergerak) di Instagram? Bila ya, sadarkah Anda bila kini fitur di layanan Stories Instagram tersebut tidak muncul lagi? Kehadiran fitur GIF di layanan Stories Instagram awalnya sangat diminati oleh pengguna Instagram.

Hanya saja belakangan ini fitur GIF yang bersumber dari layanan berbagi gambar bergerak GIPHY tersebut telah hilang alias tidak muncul lagi. Sayangnya, sekalipun telah mencoba berbagai macam cara, fitur tersebut tak kunjung muncul. Mengapa fitur stiker Instagram tidak muncul?

Mencari tahu penyebab masalah ini, ternyata terdapat fakta yang cukup mengagetkan. Berdasarkan informasi yang dikutip dari TechCrunch, disebutkan penyebab utama fitur stiker GIF di layanan Stories Instagram tidak muncul karena penghapusan sementara oleh pihak Instagram.

Alasan dihapusnya fitur stiker GIF sementara ini, disebabkan penemuan konten stiker GIF dari GIPHY yang melanggar kebijakan Instagram, berupa penggunakan kata-kata mengandung rasisme pada beberapa stiker GIF.

Masih dari sumber yang sama, disebutkan bila banyak laporan dari pengguna kepada Instagram yang mendapati beberapa konten stiker GIF (gambar bergerak) dari GIPHY yang memunculkan kata-kata bersifat menyinggung rasial. Menyadari keberadaan konten yang tidak sesuai dengan kebijakan di fitur stiker GIF inilah yang akhirnya membuat pihak Instagram mengambil langkah penghapusan sementara fitur tersebut.

Sementara itu, pihak GIPHY sebagai penyedia konten stiker GIF di layanan Stories Instagram mengakui adanya kesalahan dalam proses moderasi pada sistem pencarian mereka, terkait dengan kemunculan stiker yang bernada rasisme.

Selanjutnya, pihak GIPHY juga menyebutkan telah memperbaiki kesalahan dan melakukan moderasi ulang pada semua konten GIF baik stiker maupun gambar bergerak lainnya. Lantas, kapan fitur stiker GIF akan hadir kembali di layanan Stories Instagram? Hingga kini belum ada kejelasan kapan fitur stiker GIF di Instagram akan dimunculkan kembali, hanya saja pihak Instagram mengisyaratkan akan menunggu hingga GIPHY selesai melakukan pembenahan konten tak pantas tersebut.

Tags:

Leave a Reply