Ini Kerja Nyata Anton Charliyan Hingga Dianugerahi ORI Sebagai Duta Pemerhati dan Pemersatu Seni Budaya

Berita, Headline, Nasional 0

BANDUNG – Irjen (Purn) Anton Charliyan tercatat telah membuat gebrakan nyata untuk kebudayaan di Jawa Barat. Karena itulah Original Rekor Indonesia (ORI) menobatkan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 itu, sebagai Pemerhati dan Pemersatu Seni Budaya, pada acara Tabligh Akbar di Jl. Leuwi Panjang, Bojongloa Kidul, Situsaeur, Kota Bandung, Kamis (10/5/2018).

Sejumlah karya nyata Anton Charliyan antara lain, membangun tugu kujang pusaka sebagai lambang daerah Jawa Barat di Kampung Naga Tasikmalaya pada tahun 2008.

Kemudian, Kang Anton juga membangun gong perdamaian dunia di Karang Kamulyan Ciamis pada 2009. Satu tahun kemudian pada 2010 Mantan Kapolda Jawa Barat menjadi pendiri di Pasulukan Lokaganda yang membangun kampung budaya dan museum di Cibatu Garut.

Kang Anton juga membangun dan menggali kembali Patilasan situs Walahir di Singaparna Tasik yang dilakukan sejak 2008.

Lalu mantan Kadiv Humas Polri itu juga membuat papan-papan peringatan agar tidak merusak lingkungan diseluruh situs Jabar sejak tahun 2007.

Tak hanya itu, Mantan Kapolda Sulsel itu juga sejak 2008 menggali dan meneliti situs galunggung kabupaten Tasikmalaya.

Lalu mantan Kapolres Periangan tersebut juga mengamankan benda-benda peningalan kerajaan Pajajaran dan Sumedang di Museum Sumedang dan museum kerajaan Goa Sulsel dengan memberi barkot DNA disetiap barang sehingga akan terjamin keaslianya.

Tak cukup sampai disitu, Calon Gubernur Jawa Barat itu juga membuat museum pribadi yang berisikan benda-benda sejarah di Tasikmalaya. Bahkan Kang Anton juga tercacat sebagai pendiri perkumpulan pemerhati budaya  lintas budaya Nusantara.

Pasangan TB Hasanuddin dalam Pilgub Jabar itu juga menggali dan nenyelamatkan situs Hirosima Indonesia dan situs Rangga Gading di kabupaten Sukabumi.

Tags:

Leave a Reply