Google Doodle Tampilkan Sir John Comforth

Berita, InfoTeknologi, Internasional 0

Otoritasnews.com – Hari ini Google Doodle manampilkan figur baru animasi pria berkaca mata dan dikelilingi berbagai alat labolatorium dab gambar rumus unsur.

Siapakah dia?

Figur tersebut adal Sir John Comforth, seorang ahli kimia satu-satu asal Sydney Australia yang memenangkan nobel pada tahun 1975 atas penemuannya pada stereo kimia yang dikatalis dengan enzim.

Ia lahir pada 7 September 2017. Maka dari itu, ini menjadi alasan kenapa Doodle menampilkan sosok ilmuan ini.

Saat masih kecil, Confoth mulai kehilangan pendengarannya, dan benar-benar tuli total saat umur 20 tahun. Ia jadi tidak bisa mendengar pelajaran-pelajaran di kelasnya di Universty of Sydney. Dia pun mempelajari buku-buku kimia secara autodidak.

Suatu hari di universitas, Conforth melihat Rita Harradence yang sama-sama mahasiswa kimia yang saat itu ta sengaja memecahkan labu laboratorium dan meminta Conforth untuk memperbaikinya. Disitulah dimulai kisah cinta sang ahli kimia ini.

Kemudian keduannya menerima beasiswa untuk kuliah di Oxford. Belum genap dua tahun pasca pertemuan, mereka berduapun menikah.

Di Oxford, Cornforth bergabung dengan tim yang membuat sebuah langkah besar dalam studi penisilin. Setelah itu, ia kembali melanjutkan penelitian awal yang dilakukannya mengenai struktur tiga dimensi stereokimia dari berbagai reaksi kimia. Untuk penelitiannya tersebut, ia kemudian dianugerahi hadiah Nobel pada 1975.

Dalam penelitian tersebut, Cornforth yang dibantu Vladimir Prelog mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Penemuan mereka dari penelitian tersebut membuka pintu bagi banyak penemuan. Termasuk penemuan pengembangan obat penurun kolesterol.

Ketika hadiah Nobel diumumkan, siaran pers mengakui bahwa penelitian yang dilakukan Cornforth memang sulit untuk dijelaskan pada orang awam. Namun sudah sangat jelas diketahui bahwa jutaan orang mendapatkan keuntungan dari rasa keingintahuan Cornfort tentang cara kerja dan keajaiban di ranah natural.

 

Tags:

Leave a Reply