Dua Pelaku Curat Modus Gembos Ban Ditangkap Polisi

Hukum&Kriminal 0

 

Otoritasnews.com – Kepolisian Sektor Metro Penjaringan Polres Metro Jakarta Utara berhasil mengungkap dan menangkap dua dari tujuh tersangka pelaku pencurian dengan pemberatan yang menggunakan modus gembos ban.

Kepala Kepolisian Sektor Metro Penjaringan, AKBP Rachmat Sumekar SIK, MSI mengatakan, dua pelaku yang ditangkap tersebut yakni berinisial Z dan M sedangkan lima tersangka lainnya sedang dalam pencarian.

“Dari para tersangka diamankan sejumlah barang bukti,” ujar Kapolsek Metro Penjaringan yang didampingi oleh Kanit Reskrim Kompol. Mustakim, SH, MH dan Kasubag Humas Kompol Sungkono SH, saat menggelar konfrensi pres di halaman Mapolsek Metro Penjaringan, Senin (10-09-2018).

Kapolsek melanjutkan, adapun barang bukti yang diamankan tersebut berupa 5 (lima) Unit Handphone, 1 (Satu) Satu buah powerbank warna hitam, 29 (dua puluh sembilan) mata paku payung, 1 (satu) buah kunci L, alat pemecah kaca terbuat dari besi putih berlapis gagang plastik warna merah, 3 (tiga) buah dompet, sepasang sandal merk homyped.

Kemudian 1 (satu) unit mobil Suzuki Ertiga warna merah metalik No. Pol B 1429 SYK, 1 (satu) motor Yamaha MX King No. Pol B 3219 KXJ warna hitam, selembar STNK mobil Suzuki Ertiga No. Pol B 1429 SYK warna Merah Metalik, 1 (satu) unit kunci mobil, uang tunai 1.441.000, uang pecahan dolar USA 101, 1 (satu) jaket gojek, 1 (satu) kaos warna hitam.

Kapolsek melanjutkan, peristiwa pencurian yang menimpa Deddy Hardiwijaya, warga Penjaringan ini terjadi di SPBU Shell Pantai Indah Kapuk Penjaringan Jakarta Utara, pada hari Senin 3 September 2018 sekira pukul 11.30 Wib.

Kata Kapolsek, sat itu korban sedang berjalan menggunakan mobil yang dikendarai oleh saksi di jalan Pantai Indah Kapuk dan korban duduk di belakang supir, lalu diberitahukan oleh salah satu pelaku dengan menggunakan motor Satria FU bahwa mobil korban bannya bocor. Lalu pelaku dengan menggunakan motor MX King memberitahukan juga bahwa mobil korban bannya bocor.

“Lalu saksi memberhentikan mobilnya di Tkp untuk mengecek ban tersebut. Setelah korban dan saksi turun dari mobil salah satu pelaku menghampiri mobil korban dan mengambil tas yang ada di dalam mobil korban,” ungkap Kapolsek.

Atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Metro Penjaringan. Dengan adanya laporan tersebut anggota Resmob Polsek Metro Penjaringan yang di Pimpin Iptu Rahmat Basuki SH melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku M di daerah Manggarai berikut mobil yang digunakan untuk melakukan kejahatan,

“Sedangkan pelaku Z dapat kami amankan di Bandara Halim Perdana Kusuma pada saat ingin menaiki pesawat pulang ke Palembang,” paparnya.

Kepada polisi, pelaku mengaku bahwa yang menggunakan motor Yamaha MX King yaitu pelaku A yang menggunakan motor Satria FU dan menusukan paku ke ban mobil korban, pelaku H yang menjadi supir pelaku M yang mengambil tas korban di dalam mobil pelaku U, sedsngkan yang memantau korban di Bank BCA Muara Karang pelaku D dan yang memantau situasi Z dan B.

Atas perbuatannya itu kini pelaku dan barang bukti diamnkan di Mapolsek Metro Penjaringan dan tersangka dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman Hukuman 7 Tahun Penjara.

(humas polsek metro penjaringan /polres metro jakarta utara)

Leave a Reply