Dianggap Layak, Kini Giliran Polda DI Yogyakarta Naik Jadi Tipe A

Breaking News, Nasional 0

Yogyakarta, Otoritasnews.com – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) naik dari tipe B menjadi tipe A, upacara peresmian dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian, Jumat (7/12/2018) pagi.

Tito mengatakan jika pengukuhan
kenaikan tipe A tersebut merupakan kegiatan yang bersejarah bagi Polri terkhusus bagi masyarakat Yogyakarta.

dapat terwujud melalui kajian-kajian tertentu oleh banyak pihak yang berkompeten. Hal ini ditunjang dengan pesatnya pembangunan dan jumlah penduduk kota Yogyakarta, pendapatan perkapita setiap tahunnya.

Disamping itu ketersediaan personil, sarana dan prasarana juga turut menjadi pertimbangan dari tim penilai baik itu Asrena Polri dan Kemenpa-RB.

“Polda DIY telah memenuhi kajian parameter tertentu, penilaiannya untuk menjadi tipe A minimal skornya 4.500, hal ini dilihat dari 9 dimensi dan 46 indikator dan Polda DIY tembus di angka 6.100,” jelas Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya di Yogyakarta, Jum’at (7/12/2018).

Tito juga menjelaskan jika DI Yogyakarta merupakan daerah yang konsisten dalam memelihara warisan budaya bangsa.

“Daerah keraton yang paling disegani pada jamannya dan memberikan sumbangsih besar bagi perjuangan Kemerdekaan RI,” tuturnya.

Dengan naiknya menjadi tipe A, maka Kapolda akan berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) dan Wakapolda berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

“Kenaikan tipe ini bukan hanya berfokus pada pangkat maupun jabatan saja, namun hal ini harus dibarengi dengan makin meningkatnya pelayanan Polri kepada masyarakat Yogyakarta,” pungkas Tito.

Selain Kapolri turut hadir pula pejabat Teras Polri, TNI, Kerabat Keraton, Pejabat Utama Pemerintah DI Yogyakarta, Mahasiswa dan masyarakat.

Tito mengingatkan kepada Kapolda DI Yogyakarta, Brigjen (Pol) Ahmad Dofiri untuk kerja keras dan meningkatkan pelayanan mutu bagi masyarakat.

“Terus tingkatkan kinerja, lakukan langkah-langkah yang komprehensif. Selain bekerjasama dengan Mabes perlu juga membuat semacam cetak biru tiga langkah 3 bulan kedepan akan apa, kemudian 1 tahun kedepan akan seperti apa,” pesannya. (Yori)

Tags:

Leave a Reply